Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Data Science in Sales & Marketing Course

Module Description

Pelajari metode pengolahan data dan hasilkan prediksi menggunakan teknik machine learning untuk menghasilkan model yang dapat di implementasikan pada sektor retail & FMCG.

  • Materi mudah dipahami karena disampaikan dalam Bahasa Indonesia, tanpa instalasi software tambahan,  menggunakan fitur Live Code Editor. 
  • Modul yang ada di DQLab.id dipersiapkan oleh praktisi data di industri sehingga mencerminkan studi kasus yang sering dihadapi dalam dunia kerja.

Learning Outcomes

Dengan mempelajari Data Science in Sales & Marketing Course, peserta mampu untuk:

  • Mengolah dataset complex dengan R dan SQL
  • Memahami dan menerapkan teknik Predictive Modelling untuk menghasilkan data model dengan studi kasus yang sering ditemukan pada sektor retail & FMCG
  • Menguji tingkat akurasi dari data model yang dibangun, dan memilih metode dan data model yang tepat dengan tingkat akurasi yang tinggi
  • Menampilkan visualisasi data dengan grafik yang tepat sesuai kebutuhan
  • Menghasilkan insight yang dapat membantu proses pengambilan keputusan
  • Melatih critical thinking dan problem solving apabila dihadapkan dengan suatu masalah

Chapters

Fundamental R for Data Science

Pelajari langkah dasar untuk memulai R - bahasa yang sangat populer di data science - mulai dari operasi matematika sampai visualisasi data.

  • Mengerti hal-hal dasar di R seperti menggunakan dan menampilkan angka, teks, dan perhitungan matematika dasar
  • Mampu menggunakan variable untuk menyimpan nilai
  • Mengerti penggunaan komentar (comment) untuk menghasilkan human readable code
  • Mengerti sifat R yang case sensitive - huruf besar dan huruf kecil merupakan hal yang berbeda
  • Mengerti penggunaan tipe data logika TRUE/FALSE
  • Memahami contoh error
  • Memahami apadan bagaimana menggunakan package
  • Mengerti bagaimana membaca file Excel
  • Mampu menghasilkan grafik bar chart dan pie chart dengan data yang dibaca dari file Excel

Statistics using R for Data Science

Pelajari dasar-dasar ilmu statistik untuk memulai perjalanan data science dengan menggunakan R.

  • Fungsi statistik
  • Perbedaan statistik dan parameter
  • Perbedaan data kuantitatif dan kualitatif
  • Membaca dataset dalam format CSV
  • Mengubah kolom menjadi factor
  • Estimasi Karakteristik (modus, median, mean)
  • Skala pengukuran data
  • Ukuran sebaran data (range, varian, simpangan baku)
  • Perbedaan Statistik Deskriptif dan Statistik Inferensia
  • Hubungan antar variabel

Data Science in Retail: Market Basket Analysis

Pelajari algoritma machine learning untuk kasus bisnis retail, yaitu Market Basket Analysis dimana seorang data scientist akan mencari hubungan antar produk yang kuat berdasarkan data transaksi belanja.

  • Memahami penggunaan Market Basket Analysis (MBA) di dunia ritel
  • Memahami dan mampu mempersiapkan data yang diperlukan
  • Memahami konsep fundamental item, itemset, frequent itemset dan association rules
  • Memahami dan mampu menggunakan algoritma Apriori untuk menghasilkan model association rules dengan R
  • Mampu menghasilkan daftar kombinasi produk yang memiliki asosiasi kuat berdasarkan nilai support, confidence dan lift
  • Mampu mengoperasionalkan model sehari-hari untuk menghasilkan rekomendasi produk kepada customer

Data Science in Marketing: Customer Segmentation 

Pelajari teknik analisa yang membagi data-data customer menjadi beberapa segmen yang bermanfaat bagi bisnis di marketing dan CRM.

  • Memahami apa itu customer segmentation dalam penggunaannya di dunia bisnis
  • Mampu membaca dan mempersiapkan data profil pelanggan
  • Mampu menghasilkan model customer segmentation dengan algoritma k-means dan k-modes
  • Mengoperasionalkan model sehingga dapat digunakan sehari-hari oleh bisnis
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/13030404a4f375499a3f43576e842a40_x_Thumbnail800.png

Premium

Praktikkan Ilmu Data Science dengan Studi Kasus

Mulai Belajar Jadi Data Analyst dengan Fitur ChatGPT!