Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Contoh Teknik Analisis Data untuk Meningkatkan Performa Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 01-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5a9b9f327408e467af6c7399435c5080_x_Thumbnail800.jpg

Teknik analisis data untuk bisnis? Memangnya bisa? Bisa dong. Bidang industri sangat erat dengan dunia bisnis. Persaingan di dunia bisnis diketahui juga sangat ketat sehingga perusahaan perlu mengolah data secara berkala agar informasi yang diperoleh nantinya bisa digunakan oleh tim lain yang berkaitan dengan jalannya bisnis tersebut. Misalnya tim marketing, strategi bisnis, bagian produksi, atau untuk menentukan promosi online dan offline untuk meningkatkan penjualan. Selain itu pengolahan data juga bisa diterapkan untuk melihat kinerja karyawan atau memperbaharui kultur perusahaan.


Umumnya hasil pengolahan data akan disajikan dalam bentuk grafik atau plot dengan warna-warna yang menarik. Beberapa grafik atau chart yang sering digunakan yaitu bar chart, pie chart, dan line chart. Grafik tersebut juga termasuk grafik rekomendasi untuk penelitian yang bersifat kuantitatif. Adapun bahasa pemrograman yang sering digunakan yaitu Python, R, dan SQL. 


Masing-masing memiliki perannya masing-masing seperti SQL yang digunakan untuk memudahkan akses data, serta Python dan R yang digunakan untuk mengolah data hingga menyajikan data. Di artikel kali ini kita akan membahas bagaimana penerapan teknik analisis data untuk kemajuan bisnis. Yuk, simak penjelasannya  di bawah ini!


1. Digital Marketing

Mungkin sebagian teman-teman tidak asing dengan istilah digital marketing. Yup, kita bisa dengan mudah menemukan webinar atau workshop yang membahas tentang digital marketing baik yang gratis maupun yang berbayar. Orang yang melakukannya disebut sebagai marketer. Bagi marketer data adalah komponen yang sangat penting untuk melakukan digital marketing. Digital marketing akan fokus mencari data yang diperlukan, memiliki pemahaman kontekstual, teliti, dan memahami apa yang sedang diukur serta bagaimana cara menghitungnya. Adapun macam jenis pengukuran pemasaran yaitu sebagai berikut:


  • Matriks bisnis untuk memberikan gambaran umum terkait analisis data penting sebelum melakukan pemasaran digital.

  • Matriks konversi untuk mengetahui seberapa efektif dalam mengubah pengunjung menjadi pembeli.

  • Matriks pemasaran untuk menunjukkan hal lainnya yang muncul sebelum konversi, misalnya banyaknya kunjungan, rasio klik tayang, dan lain sebagainya.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


2. Customer Relationship Management

Melihat kemajuan teknologi saat ini, bidang industri gencar membuat promosi melalui media sosial. Nah, promosi ini tidak begitu saja memposting produk namun ada strateginya. Customer Relationship Management (CRM) merupakan strategi yang dapat membantu perusahaan membangun komunikasi yang aktif ke dalam dan keluar perusahaan, melakukan analisis, serta mengatur berbagai data perusahaan yang berkaitan dengan pelanggan. 


Adapun istilah-istilah dasar yang ada dalam CRM yaitu on-premise CRM, cloud CRM, CRM entity, dan Lead. Dengan CRM perusahaan dapat mengidentifikasi pelanggan potensial yang bisa ditarik kembali perhatiannya seperti penawaran sehingga pelanggan akan membeli kembali produk di masa mendatang. Selain itu hal ini juga dapat memberikan pengalaman yang berkesan tentang brand perusahaan. 


3. Market Basis Analysis

Association disebut juga dengan Market Basket Analysis. Tujuan dari metode ini adalah untuk menemukan produk apa yang bisa dijual bersamaan dan mencari tahu aturan atau penyebab kesamaan produk tersebut. Metode association sering digunakan dalam dunia bisnis. Dalam bisnis adalah hal yang umum untuk menganalisa tabel penjualan dan mengidentifikasi produk yang sering dibeli bersamaan oleh pelanggan. 


Data pembeli yang sama digunakan untuk melihat kebiasaan pelanggan dan mengidentifikasi kelompok produk yang memiliki kesamaan. Misalnya pelanggan setiap membeli keju pasti juga membeli susu atau setiap membeli saus tomat pasti juga membeli saus sambal. Setiap item yang digunakan akan menjadi pertimbangan ketika menerapkan metode association. 


4. Meningkatkan Performa Website

Melalui data perusahaan dapat membangun identitas sebuah brand agar mampu bersaing dengan brand lainnya dengan menggunakan Google Analytics. Dengan menggunakan Google Analytics perusahaan dapat memahami perilaku, rentang usia, dan lainnya yang berkaitan dengan interaksi pengunjung di situs website perusahaan. Hasil analisis data bisa digunakan perusahaan untuk membantu membangun brand identity, meningkatkan kualitas website perusahaan, hingga meningkatkan penjualan produk. Ketika menggunakan Google Analytics, kita perlu memahami lebih dulu istilah-istilah yang ada di dalamnya. Kemudian baru kita mulai membaca data dengan cara-cara diantaranya memeriksa matriks realtime, mengetahui demografi audiens. Mengamati perilaku pengunjung, melihat traffic website, mengetahui sumber traffic, dan memeriksa kecepatan website. 


Baca juga : Contoh Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kuantitatif


5. Belajar Teknik Analisis Lainnya Bareng DQLab

Ada beberapa profesi yang bertanggung jawab mengolah data untuk menghasilkan informasi seperti Data Scientist, Data Analyst, Business Analyst, Business Intelligence, dan lainnya. Profesi tersebut akan menggunakan tools-tools yang mendukung pekerjaannya misalnya Data Analyst lebih fokus mengolah dan menginterpretasikan data sehingga butuh tools yang mampu menyajikan data dengan lebih menarik seperti R dan Tableau. 


Calon talent data harus mampu menganalisis berbagai jenis data dengan metode yang sesuai. Kemampuan ini tidak diperoleh secara instan melainkan dipelajari secara bertahap dan rutin.


Mau belajar data secara intensif? Yuk, gabung di DQLab.id sekarang! Daftarkan dirimu dan langsung dapatkan akses untuk module gratisnya.


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya





Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login